Memilih Distribusi Linux untuk server



Pertama kali mengenal linux saya bingung memilih distribusi mana yang akan saya gunakan. Waktu itu awal tahun 2001 yang saya coba pertama kali adalah RedHat Linux 7, kemudian saya coba Slackware, Debian, Slax, Vector Linux, BackTrack, Ubuntu, ClearOS, eBox, ZeroShell dan banyak lagi lainnya. Sekarang untuk sehari-hari saya menggunakan Slackware untuk server dan Ubuntu untuk personal.

Tahun 2004 saya dapat job untuk membangun email server berbasis Linux. Setelah searching sana-sini akhirnya saya pilih qmail + vpopmail + courier imap, serta teman-temannya. Untuk linuxnya saya pilih Slackware.  Sampai sekarang email servernya masih terus saya update dan saya maintain. Setelah hampir 6 tahun berkutat dengan qmail dan Slackware, saya mulai berpikir untuk mencoba yang lainnya. Memang agak sulit untuk pindah ke lain hati, namun patut untuk dicoba.

Akhirnya saya pilih untuk mencoba Postfix sebagai email servernya. Browsing sana-sini ternyata hampir sama seperti waktu install qmail. Untuk membangun email server yang lengkap ( SMTP, POP3, IMAP, Webmail, Mailing List, Autoresponder, Antispam, Antivirus, Administration Tool, dsb) membutuhkan banyak sekali software yang harus diinstall dan disetup. Akhirnya postfix email server saya jalan di Slackware 13.1, walaupun masih running dalam lab. Belum puas, saya browsing lagi untuk solusi yang cepat dalam membangun email server, dan wow!! ada banyak. Antara lain SME Server, ClearOS, Zental(eBox), ZeroShell. Bukan hanya Email Server, mereka juga lengkap dengan berbagai feature lainnya :  Web Server,  Samba, Groupware,  Firewall, Router, Proxy Server, Database Server, Internet Sharing dan sebagainya.  Semua hadir dengan proses instalasi yang cepat dan mudah. Dalam sekejab kita sudah memiliki sebuah server yang lengkap dan siap pakai lengkap dengan Administration tool berbasis web.

Belum puas juga, saya browsing lagi dan menemukan iRedMail. Yang saya suka dari iRedMail adalah kita bebas menentukan Linux mana yang kita pilih untuk Operating Systemnya, kemudian kita install minimal, lalu kita donwload iRedMail dan jalankan scriptnya, seterusnya iRedMail akan mendownload semua yang dibutuhkan dan menginstallnya untuk membangun email server yang lengkap berbasis Postfix. Menurut websitenya iRedMail dapat dijalankan di Red Hat Enterprise Linux, CentOS, Debian, Ubuntu, OpenSuSE, FreeBSD.Hmmh, berarti Slackware tidak bisa, tapi tak apa, toh sudah lama saya ingin mencoba CentOS.

No comments :

Post a Comment